Jumat, 23 Maret 2012

HARDIKNAS


AMANAT PEMBINA UPACARA PERINGATAN HARDIKNAS
SENIN, 2 MEI 2011



          
INDONESIA BANGSA YANG LUHUR
   OLEH : Bapak Mahfudhi,S.Pd.







Dalam Pergerakan Nasional ada dua sisi yang harus diketahui, yaitu pergerakan nasional punya sifat kooperatif dan non kooperatif. Tanggal 2 Mei ini bersamaan dengan pergerakan nasional dalam pendidikan yang dipelopori oleh Budi Utomo. Yang wajib kita ketahui di dalam pendidikan pasti akan mengedepankan asah, asih dan asuh.
Bapak Pendidikan Nasional kita yang selalu menjadi panutan yaitu Bapak Ki Hajar Dewantara mengajarkan bahwa pendidikan itu seumur hidup (long life education).
Dalam pendidikan yang kita jalani saat ini seharusnya kita tidak lupa karakter bangsa. Karakter Bangsa Indoneia yaitu bahwa Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang sangat santun. Segala sesuatu permasalahan diselesaikan dengan bentuk yang terbijak yaitu musyawarah. Gotong-royong juga menjadi ciri khas bangsa kita. Bahkan segala yang masuk ke dalam Negara Indonesia pasti ada filternya yaitu Pancasila yang memiliki nilai-nilai luhur.
Sayangnya di era reformasi, yang seharusnya segala sesuatu bisa berjalan dengan baik, tetapi dalam penyelesaian segala masalah saat ini malah mengedepankan emosi. Sehingga dengan emosi pasti akan bermuara pada tindakan anarkisme yang sebenarnya bukan karakter Bangsa Indonesia.
Bangsa Indonesia sebenarnya sangat luhur. Bangsa Indonesia sebenarnya dalam menyelesaikan masalah bukan dengan kekerasan, melainkan dengan kepala dingin.



(MS. redaksi mading MTs Sholihiyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar